Hutan Yang Terbakar, KPK Yang Dipadamkan

Eramuslim.com – Aktivis Geenpeace Indonesia membentangkan spanduk berisi pesan khusus kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di jembatan Sungai Kahayan, Palangkaraya, Kalimantan Tengah pada Ahad (23/9) pagi. Pesan dalam spanduk itu bertuliskan, ‘Pak Jokowi, Padamkan Kebakaran Hutan Jangan KPK’.

“Kami mau menunjukan bahwa peran KPK sangat penting terkait dengan penanganan korupsi di sektor Sumber Daya Alam (SDA) khususnya terkait dengan perizinan-perizinan kehutanan yang juga sangat berkaitan dengan karhutla termasuk alih fungsi lahan,” ujar Juru Kampanye Hutan Greenpeace, Asep Komarudin, Ahad (22/9).

Asep mengatakan, seharusnya Presiden Jokowi melakukan penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bukan justru melemahkannya dengan pengesahan revisi Undang-Undang tentang KPK. Sebab, sudah banyak contoh kasus kepala daerah yang tertangkap terkait korupsi SDA khususnya berkaitan dengan perizinan di sektor kehutanan.

Ia menyebutkan, KPK menetapkan tersangka terkait korupsi sektor kehutanan terhadap mantan Gubernur Riau Rusli Zainal, mantan Gubernur Riau Annas Maamun, mantan Bupati Pelalawan Tengku Azmun Jaafar, mantan Bupati Siak Arwin AS, dan mantan Bupati Kampar Burhanudin Husin. Maka penting bagi Greenpeace untuk mengingatkan Jokowi.