Jaga Laut Natuna, Bakamla Awasi Kekuatan AS yang Ada di LCS

Laut China Selatan menjadi perairan rawan konflik setelah China mengklaim hampir 90 persen wilayah di perairan itu. Klaim Beijing tersebut tumpang tindih dengan wilayah perairan dan ZEE sejumlah negara ASEAN seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei.

Sementara itu, Indonesia menegaskan tidak memiliki sengketa dengan China di Laut China Selatan. Namun, aktivitas sejumlah kapal ikan dan patroli China di ZEE Indonesia di sekitar Natuna semakin membuat khawatir Jakarta.

Meski bukan negara yang memiliki klaim wilayah di Laut China Selatan, AS kerap menentang manuver China di perairan yang dianggap Washington sebagai perairan internasional itu.

AS berupaya tetap menjadikan Laut China Selatan, jalur perdagangan internasional utama, sebagai perairan yang bebas dilalui siapa saja.

Pada awal bulan ini, AS bahkan mengirim dua kapal induknya dan sejumlah kapal perang ke Laut China Selatan untuk ikut dalam latihan militer. Pada waktu yang berdekatan, China pun menjadwalkan latihan perang di kepulauan Paracel, Laut China Selatan. []