Jokowi Makin Ngawur, Bicara Anti Impor Beras Tapi Keluarkan Inpres Bolehkan Impor Beras

jokowiEramuslim.com – Jokowi makin ngawur. Setelah berkoar-koar tidak akan mengimpor beras di berbagai media, Jokowi malah mengeluarkan Inpres Nomor 5/2015 tentang diperbolehkannya impor beras. Jelas ini sangat bertentangan dengan harapan petani dan rakyat Indonesia. Inpres itu berisi pengadaan beras dari luar negeri yang bisa dilakukan jika ketersediaan beras dalam negeri tidak mencukupi.
“Padahal Presiden Joko Widodo memastikan, Indonesia tidak akan impor beras,” kata Direktur Eksekutif Solidaritas Bersama untuk Kedaulatan Pangan (Sobat Pangan), Lian Fympi, dalam keterangan beberapa saat lalu (Sabtu, 21/3).
Lian mengingatkan, petani adalah ujung tombak dalam hal pangan. Tetapi sayang nasibnya seperti perahu yang terombang-ambing di lautan.
“Apakah pemerintah saat ini serius berniat untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara yang swasembada pangan seperti sebelumnya atau hanya ‘kecap’ saja,” ungkap Lian.
Jika memang serius, lanjutnya, seharusnya dibuktikan dengan kebijakan pemerintah Jokowi-JK yang pro Pertanian dengan memperluas dan membuka lahan pertanian kembali yang saat ini sudah digunakan untuk lahan industri dan permukiman.(rz)