Joserizal Jurnalis, Mengenang Nyali Pahlawan Kemanusiaan (2)

Bagi Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, sosok Joserizal adalah orang yang banyak jasanya di bidang kemanusiaan. Din mengungkapkan bahwa sangat tahu prakarsa baik Joserizal bersama sahabat-sahabatnya di MER-C membela manusia di Palestina dan Myanmar serta tempat-tempat lainnya.

“Kepergian almarhum Dokter Joserizal Jurnalis bukan hanya kehilangan bagi keluarga, bagi keluarga sekampung, bagi MER-C, tapi juga bagi umat Islam Indonesia, dunia Islam dan dunia kemanusiaan,” kata Din saat menyampaikan ceramah sebelum melaksanakan shalat jenazah di Masjid Silaturrahim, Cibubur, Bekasi.

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) ini mengatakan, sudah sepatutnya kepergian almarhum dijadikan pelajaran agar bisa melahirkan banyak sosok seperti Joserizal. Umat dan bangsa ini membutuhkan figur seperti Joserizal. Karena itu, marilah generasi penerus umat dan bangsa bertekad untuk melahirkan kembali sosok-sosok Joserizal yang baru.

Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto mewakili Kementerian Kesehatan menyampaikan duka cita yang mendalam. Menkes mengatakan, Joserizal adalah sosok yang pantas dijadikan panutan dan suri teladan dalam perjuangan memperjuangkan kemaslahatan umat.

“Saya berharap (almarhum) mendapat tempat terbaik dan keluarganya diberi kekuatan serta perlindungan, saya yakin amal ibadah beliau pasti diterima (Allah),” ujarnya saat melakukan takziyah di Pondok Silaturrahim.(rol)

Penulis: Fuji E Permana / Wartawan Republika.co.id