Jurnalis Asing: Hutan Terbakar, Jokowi Ceria Ngevlog Bareng Cucu

“Ketika Indonesia menghadapi bencana kebakaran hutan gambut, komisi antikorupsi yang tercinta ini baru saja dimusnahkan parlemen, dan perubahan kejam terhadap kode kriminal sedang tertunda, presiden dengan riang ngevlog bareng cucunya,” cuit Max Walden.

Max Walden@maxwalden_

Lots of outraged replies to this tweet. As Indonesia faces a peat forest fire catastrophe, the beloved anti-corruption commission has just been gutted by parliament, and draconian changes to the criminal code are pending, the president is cheerily vlogging with his grandson https://twitter.com/jokowi/status/1175385322223472640 …

Joko Widodo

@jokowi

Jalan-jalan pagi di sekitar Istana Bogor bersama Jan Ethes, melihat kuda, kambing, dan rusa merumput di pelataran.

Ngomong-ngomong, Jan Ethes paling suka binatang apa?

Embedded video

 

Sebelumnya, diketahui vlog terbaru Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mendapat respons positif seperti sebelum-sebelumnya.

Padahal, di vlog tersebut Jokowi sedang bersama Jan Ethes Srinarendra, cucu laki-lakinya, yang kerap menuai pujian karena tingkah lucunya.

Namun kali ini, Jokowi justru dicibir banyak warganet karena vlog tersebut, yang menampilkan dirinya dan Jan Ethes lari pagi dan menikmati udara segar di sekitar Istana Bogor.

Vlog itu dinilai tak tepat untuk ditayangkan di kala dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tak henti-hentinya menimpa penduduk di Sumatra dan Kalimantan.

Bahkan, seorang warganet mengedit video itu hingga berubah warna menjadi kemerahan, seperti kondisi udara di Jambi.

Tak hanya itu, efek asap dan api juga menghiasi vlog teaser berdurasi satu menit itu. [sc]