Kata Jokowi, RI Segera Masuk 10 Besar Kekuatan Ekonomi Dunia

“Ekonomi digital dan industri 4.0 Indonesia tercepat di Asia Tenggara. Indonesia memiliki start-up sekitar 2.193, kelima terbesar di dunia. Indonesia memiliki 5 unicorn dan Indonesia bahkan telah memiliki 1 decacorn,” papar Jokowi.

Presiden melanjutkan, pemerintah Indonesia telah menyiapkan peta jalan implementasi yakni “Making Indonesia 4.0” yang telah diluncurkan sejak 2018 lalu. Melalui peta jalan tersebut, terdapat tiga hal utama yang akan menjadi kekuatan dan fokus dalam mewujudkan pengembangan industri 4.0.

Pertama penguatan sumber daya manusia. Indonesia pada tahun 2030 memiliki bonus demografi yang mana jumlah usia produktif tumbuh dua kali lipat. Kedua penciptaan iklim investasi. Yang terakhir adalah penciptaan investasi pada pembangunan hijau. Jokowi juga mengatakan, tantangan menyiapkan SDM adalah mengisi keahlian dalam menciptakan inovasi melalui big data, artificial intelligence, internet of things.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi secara terang-terangan mengajak kemitraan dengan Jerman dalam bidang transformasi digital.

“Saya ingin mengajak Jerman untuk bermitra mewujudkan transformasi digital di Indonesia,” kata Jokowi. (*)