Kementerian Agama Luncurkan Aplikasi Haji Pintar 2017

Eramuslim – Jumat 21 Juli 2017, Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) meluncurkan aplikasi Haji Pintar versi terbaru generasi ketiga. Kemenag mengklaim bahwa aplikasi baru ini akan memudahkan para calhaj untuk melaksanakan ibadahannya di Tanah Suci.

“Pada versi terbaru ini, sudah dilakukan upgrade dengan menambahkan beberapa fitur baru, seperti Alquran, jadwal shalat, informasi ziarah baik di Mekkah dan Madinah, nilai tukar rupiah yang selalu update tiap harinya, dan Itinerary (rencana perjalanan ibadah haji),” ujar Ditjen PHU, Sri Ilham Lubis seperti dilansir Republika.

Sri menjelaskan bahwa pengembangan aplikasi ini menjadi bagian upaya Ditjen PHU dalam meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji. Pengembangan aplikasi berbasis smartphone atau ponsel pintar ini diharapkan dapat memudahkan jemaah dalam mendapatkan informasi seputar ibadah haji.

Selain panduan dan informasi pelaksanaan ibadah haji, aplikasi Haji Pintar ini juga memuat beberapa informasi tambahan. Seperti informasi tahun keberangkatan jamaah haji,lokasi pemondokan di Makkah dan Madinah, informasi konsumsi, cuaca, rute bus shalawat, kesehatan, doa-doa, hingga layanan pengaduan.

Sri mengatakan bahwa aplikasi milik Kemenag yang pertama kali dirilis tahun 2015 lalu sudah bisa diunduh di Google Play Store dengan kata kunci Haji Pintar 2017. (Rol/Ram)