Akhirnya KH Ma’aruf Amien Dukung Jokowi 2 Periode

Eramuslim – Rais Aam PBNU, KH Ma’aruf Amin secara blak-blakan menyatakan dukungan kepada Jokowi untuk menjadi Presiden RI selama dua periode.

Dukungan ini disampaikan KH Ma’aruf Amin dalam acara Kompas TV, Aiman yang tayang hari Selasa (30/7) kemarin, saat ditanya seputar pencalonan Jokowi sebagai Capres di Pilpres 2019.

Ditanya Aiman soal pengetahuan agama Jokowi, KH Ma’aruf Amin mengatakan bahwa pemahaman agamanya bagus meski pengetahuannya kurang.

“(apakah) Pak kyai merasa pak Jokowi lemah dari sisi agama sehingga membutuhkan pak kiyai untuk menjadi pendamping?” tanya Aiman.

“Mungkin kalau pengetahuan agamanya mungkin kurang, tapi pemahaman agamanya bagus, aplikasinya bagus,” jawab Ma’ruf.

Ma’ruf Amin menjelaskan, pemahaman agama yang ada pada Jokowi yakni lewat ibadah, silaturahmi dan sikap tawaddu atau rendah hati yang dimiliki Jokowi.

“Pak Jokowi bilang, ‘saya bukan ketua partai, saya orang desa’, tapi saya bilang yang dipilih untuk jadi presiden itu bapak, (Jokowi), yang dapat kun fayakuun-nya Allah itu bapak. Berarti kalau Allah memilih bapak sebagai presiden, berarti ada sesuatu yang dimiliki bapak, tak dimiliki orang lain,” ucap Ma’ruf Amin.

Ketua MUI bahkan setuju jika Jokowi dua periode dengan alasan selama kepemimpinannya ia telah memberikan banyak perubahan yang positif.

“Saya berharap 2 periode. Pertama 1 periode efektir hanya 3 tahun, artinya sangat kurang. Walaupun begitu jokowi 3 tahun hasilnya luar biasa,” ungkapnya. (tn/ram)