Kritik Presiden di Ritual Kendi Nusantara, Rocky Gerung: Ngapain? Jokowi Tingkat Kepercayaannya Rendah Sekali!

eramuslim.com – Pengamat politik Rocky Gerung melayangkan kritikannya terkait ritual Kendi Nusantara yang dilakukan Presiden Jokowi di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Ia pun bertanya buat apa ritual demikian dilakukan oleh sang orang nomor satu di Indonesia itu.

Lebih lanjut, mantan Dosen Filsafat universitas tersebut mengatakan, ritual yang dilakukan Presiden Jokowi di IKN Nusantara adalah bagian dari budaya Jawa.

Ia pun menuturkan bahwa seharusnya Presiden Jokowi tidak hanya membawa simbol dari satu etnis saja karena dikhawatirkan akan menimbulkan dampak buruk.

“Jawanisasi bagus saja kalau itu dimaksudkan untuk menghasilkan pengertian-pengertian sublim tentang kehidupan, tapi ini ibu kota, ini proyek nasional, namanya Nusantara, tapi ngapain pakai simbol-simbol dari satu etnis saja? Itu juga bahayanya, tuh,” ujarnya dalam kanal YouTube Rocky Gerung Official, dikutip terkini.id via Seputartangsel.

Selain itu, Rocky juga menilai bahwa membawa hal-hal mistis di IKN Nusantara salah tempat. Pasalnya, proyek tersebut erat kaitannya dengan teknologi dan APBN. Kemudian, menurutnya Presiden sebagai simbol politik sebaiknya jangan mencampuri simbol-simbol kultural.

“Dia salah tempat. Karena mitisisme itu mestinya ada seorang petinggi adat yang kemudian datang ke situ, mengundang. Ini bukan presiden, presiden itu orang yang bisa dijatuhkan setiap saat,” papar Rocky.