Lagi, Ditemukan Data Salah Input KPU, Kali Ini di Depok

Eramuslim – Laporan soal dugaan kesalahan input di Situng KPU ramai dilaporkan di media sosial. Salah satunya data di TPS 48 Tanah Baru Depok, Jawa Barat. Ada ketidaksesuaian data antara pengguna hak pilih dan jumlah suara paslon.

Dicek di pemilu2019.kpu.go.id, Senin (22/4/2019) pukul 14.25 WIB, jumlah pemilih terdaftar adalah 305, pengguna hak pilih 252. Di tabel perolehan suara, pasangan 01 ditulis mendapat 235 suara, sementara pasangan 02 ditulis 114.

Jika dijumlah, maka total suara kedua paslon adalah 349 suara. Jumlah tersebut melebihi jumlah pengguna hak pilih. Belum ada data hasil pindai atau scan dokumen formulir C1 di laman tersebut.

Belum ada penjelasan dari KPU soal data di TPS 48 Tanah Baru Depok ini. Namun, untuk sejumlah kejadian serupa, KPU menegaskan ada human error. KPU menepis tuduhan kecurangan.

“Kalau ada yang menduga bahwa kami lakukan kecurangan, masa kami publikasikan? Jadi saya tegaskan tidak ada niat untuk curang. Kalau terjadi karena kesalahan input, itu saya menduga murni karena kesalahan human error,” ujar Ketua KPU Arief Budiman dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2019). (dtk)