free hit counters
 

Malaysia Gratiskan Internet, Indonesia Cuma Sebatas Wacana?

Redaksi – Kamis, 14 Sya'ban 1441 H / 9 April 2020 03:45 WIB

Eramuslim.com – Pemerintah Malaysia memutuskan untuk memberi layanan internet gratis kepada warganya karena wabah Virus Corona COVID-19. Seperti diketahui, kebutuhan internet masyarakat tentu bertambah seiring dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang digalakkan pemerintah. Akan tetapi, mustahil enggak sih kalau layanan internet gratis di Tanah Air tanpa embel-embel lemot?

“Sepanjang untuk kebutuhan yang benar akan diberikan,” ujar Direktur Utama Smartfren Merza Fachys, Selasa, 7 April 2020. Menurutnya, banyak operator telekomunikasi yang sudah menggratiskan akses internet untuk pendidikan. Beberapa juga menggratiskan internet untuk akses ke laman pemerintah.

Pernyataan berbeda diungkapkan Wakil Direktur Utama 3 Indonesia, Danny M Buldansyah. Ia mengaku, dalam menjalankan operasinya, untuk menyediakan layanan internet membutuhkan biaya operasional yang cukup besar. “Selain itu harga layanan mobile data di Indonesia juga merupakan salah satu yang termurah di dunia,” tutur dia.

Di sisi lain, operator telekomunikasi pelat merah Telkomsel menolak berkomentar terkait hal ini. Pemerintah Indonesia memang belum berencana menggratiskan internet. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan ada pertambahan penggunaan internet selama work from home mulai 5 hingga 10 persen.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru