Mendagri Ingatkan Anies-Sandi Jangan Hambat Program Jokowi

Eramuslim.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang juga merupakan politisi PDIP masih menanti Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah DKI Jakarta 2018 diajukan secara resmi. Saat ini rancangan ini disebut masih berada di tangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Meski demikian, Tjahjo menegaskan bahwa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bisa melakukan koreksi atas rancangan yang diajukan. Terlebih jika rancangan tersebut dianggap cacat dan tidak sejalan dengan program yang tengah dijalankan pemerintah pusat. “Yang penting bagi kami memastikan program strategis nasional Pak (Presiden) Jokowi tidak terhambat, tidak terganggu,” ujar Tjahjo di Istana Negara, Rabu (29/11). Entah, yang mana program yang dianggap bisa terganggu oleh kebijakan Gubernur DKI Anies Baswedan ini.

Tjahjo juga mengingatkan bahwa setiap anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat ke pemerintah daerah harus ikut serta menunjang program pemerintah pusat. Khusus untuk kawasan provinsi DKI Jakarta, program yang harusnya dijadikan prioritas seperti mengatasi kemacetan, banjir, pendidikan, dan kesehatan.