free hit counters
 

Menegangkan, KRI Usman Harun ‘Dipepet’ Kapal China di Laut Natuna

Redaksi – Selasa, 17 Jumadil Awwal 1441 H / 14 Januari 2020 06:30 WIB

Eramuslim.com – Kedaulatan maritim Indonesia atas Zona Ekonomi Eksklusif-nya (ZEE) di Laut Natuna belakangan ini tengah diuji dengan hadirnya kapal-kapal asing asal China. Kapal-kapal mereka secara ilegal berseliweran di ZEE Indonesia, yang sejauh hingga 200 mil dari titik pantai pulau terluar Kepulauan Natuna.

Ini terlihat saat armada kapal patroli Indonesia akhir pekan lalu berpatroli di ZEE perairan utara Kepulauan Natuna. Tiga kapal milik TNI Angkatan Laut, yaitu KRI Usman Harun-359 bersama KRI John Lie-358 dan KRI Karel Satsuit Tubun-356 melakukan patroli pada Sabtu 11 Januari 2020.

Jurnalis foto Antara mengabadikan patroli itu di atas kapal KRI Usman Harun. Di lautan itu, mereka mendeteksi 49 kapal nelayan pukat asing yang diduga mengambil kekayaan dalam laut secara ilegal di ZEE Indonesia.

Ternyata tidak hanya itu, seperti ungkap Antara, kelompok patroli tersebut bertemu dengan enam kapal Coast Guard China dan satu kapal pengawas perikanan China. Bertemu dengan kelompok patroli TNI, kapal-kapal China itu bergeming. Mereka bahkan tampak “berbuat ulah”.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading...

Berita Nasional Terbaru