Menkes terawan Sudah Tak Bisa Diharapkan

Eramuslim.com – Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio memandang kehadiran Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tak lagi bisa diharapkan tersebab absennya dari penanganan Covid-19.

Desakan masyarakat yang selama ini meminta Terawan muncul pun menurut Agus tak perlu lagi digaungkan. Sebab, kata dia, Terawan tak akan mampu memberikan penjelasan.

“Tidak bisa harapkan kehadiran Menkes (Terawan). Langsung ke bos-nya saja (Presiden Jokowi),” kata Agus kepada wartawan, Selasa, 29 September 2020.

Belakangan ini nama Terawan memang cukup jarang terdengar di publik. Apalagi sejak penanganan Covid-19 telah dilimpahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Padahal, penanganan pandemi seharusnya merupakan tugas Menteri Kesehatan yang tak lain adalah Terawan sendiri.

Menurut Agus, fenomena “ngumpetnya” Terawan bisa dipahami dari sepanjang kinerja ia menangani pandemi selama ini. Sejak wabah merebak, Terawan memang terbilang santai menghadapinya.

Kekonyolan Terawan yang tak bisa dilupakan publik adalah saat dokter tentara ini menyebut orang Indonesia tak akan tertular Covid-19. Ini karena Terawan melihat Indonesia saat itu belum satupun terjadi kasus sementara negara lain sudah melonjak.

Sejak saat itu, Terawan pun sering melontarkan ucapan yang kontroversial. Ciri khasnya adalah apabila ia tampil di depan publik dan diwawancarai wartawan, kesan yang ditampilkan selalu bernada canda.