PA 212 Minta Wiranto Tunjukkan Pelanggaran yang Dilakukan HRS di Saudi

“Harusnya pemerintah bertanya kenapa kemudian masalah apa. Harusnya pemerintah melindungi warga negaranya yang ada di luar, seharusnya kan begitu. Jangan kemudian malah dicari-cari kesalahannya karena ada masalah pribadi. Coba terangkan masalah pribadi, toh kalau ada masalah pribadi ya silakan sebagai warga negara Indonesia dia berhak dilindungi pemerintahnya. Kenapa harus dilakukan upaya, justru harus ditanya kenapa Habib Rizieq overstay, visanya overstay karena ada pihak-pihak tertentu yang menginginkan beliau tidak kembali ke Indonesia,” ujar Bernard.

Sebelumnya, Wiranto membantah kabar bahwa pemerintah sengaja menangkal Habib Rizieq Syihab masuk ke Indonesia. Dia menegaskan Habib Rizieq bermasalah pulang karena melebihi batas waktu tinggal alias overstay di Arab Saudi.

“Polemik mengenai Habib Rizieq, ini juga banyak jadi perbincangan di masyarakat dari sumber-sumber yang bermacam-macam. Tetapi dari hasil rapat tadi, sementara ini yang bersangkutan masih menghadapi problem pribadi dengan tinggalnya di Arab Saudi yang melebihi batas waktu. Overstay. Sehingga ada tuntutan pemerintah di sana pada pribadi yang bersangkutan untuk mempertanggungjawabkan overstay-nya itu,” kata Wiranto di kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (19/7).

Dia menepis adanya informasi yang menyebut Habib Rizieq ditangkal masuk ke Indonesia. Dia menegaskan tidak ada intervensi pemerintah terhadap masalah yang dihadapi Habib Rizieq di Saudi. (dtk)