Panglima Bukan Merah?

Eramuslim.com -SELAMA ini, penulis termasuk bagian dari kelompok dengan pemahaman kalau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Gugus Tugas) adalah leading sector dalam penanganan Virus Corona di Indonesia. Pimpinan Gugus Tugas adalah Panglimanya.

Semua Kementerian, Lembaga Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, TNI, Polri, BIN, dan Pemerintah Daerah berada dalam satu komando, yaitu komando Gugus Tugas, sepanjang terkait penanganan Virus Corona.

Pemahaman itu pula yang mendorong penulis beberapa waktu lalu menulis tulisan agak panjang tentang bagaimana harusnya Gugus Tugas merespon perintah Presiden Jokowi dalam sidang kabinet agar data dan informasi terkait COVID-19 dikelola secara terbuka.

Bahkan itu pula yang menjadi materi utama perbincangan penulis dengan Ketua Gugus Tugas selama satu jam lebih secara virtual melalui Zoom Meeting.

Khususnya bagaimana Gugus Tugas merumusan payung hukum guna menyatukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) seluruh lembaga negara dalam satu komando, sebatas terkait data dan infornasi Covid-19.

Agar apa?

Agar kerja PPID seluruh lembaga negara itu efektif dan efisien dalam mengelola data dan informasi Covid-19.