Pascadugaan Persekusi UAS, Yaqut Cholil Ditolak di Pekanbaru

Eramuslim.com – Sejumlah organisasi masyarakat di Riau, menolak kedatangan Ketua GP Umum Ansor Yaqut Cholil ke bumi lancang kuning. Penolakan tersebut dipicu dugaan persekusi terhadap Ustad Abdul Somad (UAS) di beberapa kota di Pulau Jawa

Penolakan Yaqut Cholil tersebut ditunjukkan dengan memasang spanduk bertuliskan ‘Tolak Yaqut Aktor Persekusi Ulama, Jangan Pijakkan Kakimu di Bumi Melayu’. Kemudian terdapat foto Yaqut dengan tulisan ‘Yaqud Cholil Qoumas Ditolak’.

Spanduk itu tampak terpasang di pagar Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Riau. Sudah beberapa hari spanduk itu terpasang di sana. Rencananya, Yaqut akan menghadiri acara Kirab Satu Negeri Zikir Satu Bangsa. Acara itu akan digelar di Kabupaten Siak, Riau, pada Sabtu (22/9) nanti.

Selain pemasangan spanduk, penolakan juga dilakukan secara langsung oleh berbagai ormas. Mereka mendatangi kantor LAMR, Rabu (19/9). Di sini, mereka meneriaki Ketua GP Ansor Riau Purwaji yang datang ke kantor adat tertinggi di Riau pada Rabu sore. “Usir Purwaji,” teriak massa.