PDIP Tolak Hukuman Mati Untuk Koruptor, Politikus Demokrat: Mereka ‘Juara’, Wajar Menolak

Sudah bukan rahasia umum jika banyak kader partai berlambang banteng tersebut terkena kasus dugaan korupsi. Yang paling mengagetkan adalah kasus korupsi dana bansos yang dilakukan Menteri Sosial Juliari Batubara yang juga kader PDIP. Dan bukan Juliari saja, belakangan dua kader PDIP lainnya, Herman Hery dan Ihsan Yunus, juga diduga memperoleh kuota terbesar proyek bantuan sosial hingga mencapai Rp3,4 triliun.

KPK juga telah menetapkan tersangka Bupati Banggai Laut, Wenny Bukamo yang juga kader PDIP dalam operasi tangkap tangan (OTT), Kamis siang (3/12).

Kader PDIP lainnya yang juga ditangkap KPK sebut saja ada Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna. Ajay yang  Ketua DPC PDIP Kota Cimahi ditangkap KPK dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan pembangunan Rumah Sakit di Cimahi, Jumat (27/11/2020).

Rakyat menghendaki hukuman mati bagi para koruptor, karena memang sangat pantas jika koruptor dimatikan saja. Namun Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan jika semua pihak tidak boleh menjadi penentu kehidupan seseorang. Meski begitu, Hasto mengiyakan jika esensi dari korupsi adalah membunuh kemanusiaan.[em]