Pengacara Habib Rizieq: Mengapa Diduga Membunuh tak Ditahan?

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena takut pelaku akan membeberkan nama komandan yang memberikan perintah untuk membunuh enam laskar FPI.

“Penyebab belum diungkap identitasnya sampai sekarang salah satunya karena takut pelaku akan membeberkan nama komandan pemberi perintah. Tentu, pelaku lapangan tidak mau dikorbankan begitu saja. Rugi besar mereka yang hanya menjalankan perintah komandan, tapi harus menanggung semua risiko, bahkan berhenti dari dinas Polri dan tentu saja kehilangan sumber penghasilan,” katanya saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (7/4).

Kemudian, ia melanjutkan kalau pelaku lapangan nanti menjelaskan semuanya secara lengkap di pengadilan tentang perintah komandan, tentu saja semua skenario rencana pembunuhan yang sistematis akan terbongkar.

Karena itu, para dalang dan aktor intelektual di belakang skenario pembunuhan enam laskar ini masih belum mau membeberkan siapa pelakunya.

“Mungkin juga masih belum deal dan belum bisa memastikan pihak yang dikorbankan tidak akan buka suara tentang komando yang diterima,” kata dia.

Ia menambahkan, memang pelaku sebenarnya pasti aslinya bukan polisi di polda dengan jabatan rendah. Namun, ada tim eksekutor di luar polda yang lebih besar wewenangnya.

Dan, para pelaku yang berasal dari luar polda ini sangat berkuasa sehingga mampu menghambat penuntasan kasus pembunuhan enam laskar tersebut.