Pengamat Sebut DPR Sekarang Rabun dan Mirip Era Zaman Orde Baru

Eramuslim – Direktur Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menyoroti keras sikap DPR RI yang lembek dalam menjalankan fungsi kontrol terhadap pemerintah. Menurutnya, DPR saat ini tidak ubahnya seperti DPR pada masa order baru yang tugasnya hanya mengamini kemauan pemerintah.

“Setelah reformasi harusnya DPR menjadi kuat. Tapi sekarang apa maunya presiden itu diaminkan oleh DPR. Coba tunjukan sama saya apa yang tidak diaminkan oleh DPR. DPR hari ini sudah rabun matanya, boro-boro mengawasi eksekutif, mau mengawasi dirinya sendiri aja ga bisa,” tegas Pangi saat diskusi bertajuk ‘Korupsi E-KTP 2,3 T, Siapa Susul Setnov’ di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (29/11).

Akademisi UIN Jakarta ini pun mengkritik sikap DPR yang bungkam dengan kesalahan pemerintah terkait membanjirnya tenaga kerja asing asal China yang masuk ke Indonesia.

“Ini bagaimana belum ada suara DPR? Listrik juga, air menjadi milik swasta padahal air dan kekayaan alam menjadi milik negara untuk digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat. Tapi DPR ga bisa ngapa-ngapain,” sesalnya. (Rmol/Ram)