Pengamat Sebut Narasi Usang Pidato Visi ‘Investasi’ Jokowi

Atas dasar itu, Hendri tak heran Jokowi lebih bersemangat kembali mengulang narasi infrastruktur dan investasi. Namun Hendri, tak sepakat dengan pesan komunikasi Jokowi yang akan menghajar penghambat investasi. Bagi Hendri, Jokowi harus lebih empati terhadap hal sensitif

Pendiri lembaga survei Kedai Kopi ini juga mengkritik Jokowi yang tidak membahas masalah hukum dan HAM.

“Jokowi tipikal orang kerja, orangnya ini suka yang kelihatan saja. Suka monumen dan tidak suka konsep. Jadi kalau HAM atau hukum tidak kelihatan,” kata Hendri kepada CNN Indonesia.

Lebih lanjut, Hendri mengaku Jokowi sudah cukup baik membahas fenomena global hingga ekonomi mikro. Namun Hendri menilai Jokowi terlihat masih kebingungan dengan apa yang sudah ia lakukan di periode sebelumnya. Seharusnya, kata Hendri, Jokowi mengungkapkan apa yang sudah menjadi prestasi bagi dia periode sebelumnya, dan akan diperkuat di periode 2019-2024.

“Ini masih terlihat bingung, tidak menyampaikan capaian-capaian yang sudah ada dan mau diapain. Malah dia jelaskan menteri harus lebih berani dan bahas APBN. Ini malah memperlihatkan kalau selama ini menterinya tidak berani dan APBN belum optimal,” kata Hendri. (CNN)