Pernyataan Luhut soal Corona Tak Kuat Panas-Lembap Dibantah WHO

Eramuslim.com – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan virus Corona tidak kuat terhadap cuaca panas dan lembap. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggolongkan informasi bahwa Corona tidak kuat panas dan lembap sebagai mitos.

Keterangan WHO dapat diakses di situs resminya, sebagaimana ditilik detikcom pada Jumat (3/4/2020). Banyak sekali mitos seputar COVID-19, isu Corona mati bila terkena panas sinar matahari menjadi salah satunya.

“Menjemur diri Anda di bawah matahari atau suhu yang lebih tinggi dari 25 derajat Celcius tidak mencegah penyakit akibat virus Corona (COVID-19),” demikian tertulis dalam ‘Myth busters’ WHO.

Dijelaskan WHO, COVID-19 bisa menjangkiti diri Anda tanpa peduli seterik apa pun dan sepanas apa pun cuacanya. Negara-negara dengan cuaca panas telah melaporkan kasus COVID-19.

Maka, untuk melindungi diri Anda dari COVID-19, pastikan bahwa tangan Anda bersih dengan cara sering mencucinya, hindari pula menyentuh mata, mulut, dan hidung.