Pidato Anies di Reuni Akbar: Aksi 212 Sudah Kecewakan Kaum ‘Pesimis’

Eramuslim – Pujian dilontarkan Anies Baswedan saat mengenang Aksi 212 yang digelar pada 2 Desember 2016 lalu. Gubernur DKI Jakarta menyatakan gerakan ini telah mengecewakan pihak-pihak yang pesimistis dengan damainya aksi yang disebut dikuti jutaan orang itu.

“Saudara-saudara yang saya hormati, tahun lalu saudara berkumpul di tempat ini. Anda tahu, saudara? Saudara sekalian tahun lalu telah mengecewakan? Telah mengecewakan kaum-kaum pesimis(tis),” ujarnya, di depan ribuan peserta Reuni Alumni 212, di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu (2/12).

Ucapan Anies itu kemudian disambut dengan seruan takbir dari para peserta aksi. “Allahuakbar!” ucap serempak.

Anies menjelaskan, pesimisme dari sebagian pihak terhadap aksi ini terkait dengan dugaan adanya kericuhan yang akan ditimbulkan peserta aksi ini. Ia pun berpesan agar tetap menjaga semangat kedamaian itu dalam acara kali ini.

“Mereka yang (merupakan) kaum yang pesimis(tis) itu (berpikir) bahwa berkumpulnya massa akan menimbulkan kekerasan, ketidakdamaian. Akan tetapi saudara-saudara hadir dalam kedamaian, kenyamanan, dan keteduhan. Saudara-saudara semua hari ini berkewajiban untuk (menjaga kedamaian) itu,” urainya.