Pidato di Sidang MPR, Jokowi Ajak Rakyat Pikul Bersama Beban Negara

“Bagi lembaga-lembaga negara melalui Presiden RI, Sidang Tahunan adalah wadah mereka untuk menyampaikan progress serta capaian kinerja mereka kepada rakyat. Dan bagi rakyat mengetahui sudah sejauh mana capaian kinerja lembaga negara,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Zulhasan juga mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk bersama-sama berdoa kepada para korban bencana alam yang terjadi di Indonesia terutama bagi korban bencana alam gempa bumi di Lombok.

Zulhasan juga mengingatkan bahwa saat ini Indonesia menjadi tuan rumah kompetisi olahraga Asian Games 2018.

“Ini kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan bergengsi ini. Untuk itu kita semua harus mendukung sebab seluruh mata dunia menuju ke arah Indonesia. Kita doakan agar atlet Indonesia mampu menorehkan prestasi di Asian Games 2018,” ujarnya.

Dalam Sidang Paripurna tersebut, Ketua MPR RI juga mengumumkan sekaligus mensahkan Panitia Ad Hoc yang bertugas menyiapkan rancangan naskah haluan negara sebagai rujukan haluan pembangunan nasional, dan Panitia Ad Hoc II yang bertugas menyempurnakan Peraturan Tata Tertib MPR dan bahan rekomendasi lainnya, serta Ketetapan MPR (Tap MPR) yang masih berlaku yang telah dibentuk dalam Ragab Pimpinan MPR RI pada tanggal 24 Juli 2018 lalu.

Di agenda utama, Presiden RI Joko Widodo di depan sidang dan disaksikan seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan Pidato Kenegaraan terkait capaian kinerja Lembaga-Lembaga Negara.