Rencana Anies Baswedan Namai Kota Tua dengan Batavia, Jakarta Punya Belasan Nama

Eramuslim.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rencananya akan menetapkan wilayah kota tua dengan nama Batavia.

Rencana tersebut sempat diungkap oleh Anies dalam acara penandatanganan HOA pembentuk JV Kota Tua – Sunda Kalapa, pada Rabu, 28 April 2021.

Selama ratusan tahun sejak berdiri, Jakarta telah belasan kali berganti nama, termasuk Batavia tersebut. Berikut beberapa nama yang pernah disandang Jakarta:

1. Sunda Kalapa

Di masa Kerajaan Pakuan Pajajaran yang berpusat di daerah yang sekarang dikenal sebagai Bogor, masih berkuasa pada abad ke-14 terdapat kota pelabuhan yang dikenal dengan sebutan Sunda Kalapa oleh bangsa Eropa.

Sunda Kalapa inilah cikal bakal Kota Jakarta di kemudian hari. Kemudian pada 21 Agustus 1522, bangsa Portugis membuat perjanjian persahabatan dengan Kerajaan Pakuan Pajajaran untuk mendapatkan izin membangun perumahan serta perkantoran yang dilengkapi dengan benteng pertahanan di daerah Sunda Kelapa tersebut.

2. Jayakarta

Kesultanan Demak dan Kesultanan Cirebon tersinggung atas perjanjian persahabatan yang dilakukan oleh Kerajaan Pakuan Pajajaran dengan Portugis tersebut.

Dua tahun kemudian, tepatnya 22 Juni 1527, pasukan Demak dan Cirebon bergabung di bawah pimpinan Fatahillah atau dikenal juga dengan Sunan Gunung Jati menyerang kedudukan Portugis di Sunda Kelapa untuk merebut wilayah itu.

Kini, setiap jatuh tanggal 22 Juni, masyarakat Jakarta memperingati hari tersebut sebagai hari ulang tahun Jakarta.

Sebab sejak 22 Juni 1527, setelah berhasil menguasai Sunda Kelapa, wilayah tersebut diganti nama untuk pertama kalinya menjadi Jayakarta yang memiliki arti Kota Kejayaan.