Soal Gelar Putera Reformasi, Ini Kata Ikatan Alumni Trisakti

Kurniawan juga tak mengetahui pasti bagaimana surat permohonan itu bisa sampai bocor ke publik, padahal sebenarnya hanya untuk internal rektorat. Lagi pula, katanya, surat pemberitahuan bahwa Trisakti akan memberikan gelar honoris causa kepada Jokowi belum diterima Sekretariat Negara.

Dia mengaku mendapat informasi bahwa sang rektor sekarang berada di Amerika Serikat, dan karena itu belum dapat dikonfirmasi perihal kekeliruan atau kesalahpahaman tentang rencana pemberian gelar tersebut.

Pada Minggu, beredar surat berkop Universitas Trisakti yang ditujukan kepada Menteri Sekretaris Kabinet tentang rencana pemberian penghargaan kepada Presiden Jokowi.

Dalam surat itu tertulis rencana penganugerahan gelar Putra Reformasi kepada Jokowi dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-54 Universitas Trisakti. Penghargaan dipersembahkan kepada Jokowi atas karya dan keberhasilannya dalam mendukung cita-cita gerakan reformasi yang diawali dari peristiwa 12 Mei 1998 di kampus Universitas Trisakti.

Nama Rektor Universitas Trisakti Prof Dr Ali Ghufron Mukti tampak dicantumkan dalam surat itu, lengkap dengan tanda tangan dan stempel rektor. [vn]