Soal Gus Dur Sosok Muslim Ideal, Jika Tidak Paham Islam Sebaiknya Ahok Diam #AhokAsbun

ahok-gila1Eramuslim.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang kerap dipanggil Ahok menganggap pemimpin yang baik adalah yang apa adanya menampilkan kepribadian dirinya, seperti Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Ia sendiri juga merasa sudah berusaha untuk menjadi diri yang apa adanya, namun kenyataannya masih banyak orang yang tidak bisa menerima sikap keras dan terus terangnya tersebut.
“Zaman kita lucu, kita ngomong bener tapi disalahin, ngomong di depan eh dimaki-maki. Masyarakat kita sebenarnya siap enggak sih untuk sama-sama berbuat benar?” kata Basuki (25/4).
Basuki melihat bahwa masyarakat DKI masih banyak yang belum bisa menerima kata-kata “pedas” dari dirinya. Masyarakat dilihat lebih suka menerima ucapan yang manis-manis namun kenyataannya ucapan manis tersebut tidak bermanfaat sama sekali bagi kehidupan masyarakat.
Terkait dengan bersikap dan berbicara manis, Basuki juga menceritakan pengalamannya saat ia akan maju menjadi calon gubernur di Bangka Belitung, beberapa tahun silam. Saat itu, Basuki pernah ditawari seseorang bahwa jika ia masuk ke Islam atau menjadi seorang mualaf, maka kemungkinan ia terpilih sebagai gubernur bisa mencapai 80 persen. Namun tawaran itu ditolak.
“Kalau cuma karena itu saya jadi mualaf ya enggak bisa. Saya bilang saya enggak ada hidayah, kalau jadi mualaf nanti munafik namanya. Kalau begitu daripada beragama tapi munafik, mending saya kafir sekalian,” tambah Basuki.
Basuki sendiri mengaku pernah sekolah di sekolah Islam dan sedikit banyak tahu tentang Islam. Dia pun mencontohkan seharusnya orang Islam mencontoh Gus Dur, yang berani mengutamakan kebenaran dan tidak malu mengungkapkan siapa dirinya. Selain itu, sikap Gus Dur yang toleran terhadap orang yang berbeda dengannya juga dianggap menjadi salah satu contoh sikap yang baik.
Pandangan Ahok ini tentu saja tidak didasari pemahaman yang benar tentang Islam. Teladan umat Islam sepanjang masa adalah Rasulullah SAW, yang bersikap lembut kepada sesama Muslim dan keras terhadap oraang kafir yang memusuhi Islam. Sedangkan Gus Dur terang-terangan sering bermesraan dengan Zionis-Israel. Siapakah Zionis-Israel? Jika Ahok tidak tahu, maka dia harus belajar lagi sejarah. Zionis-Israel adalah anak cucu dari orang-orang Yahudi Kabbalah yang membunuh Nabi Isa alias Yesus, tuhannya Ahok. (rz)