Soal Survey Unggulkan Jokowi, Rizal Ramli: Waktu Pilkada DKI Ahok Juga Diunggulkan dan Kalah

Eramuslim.com – Mantan Menteri Perekonomian Rizal Ramli mengaku geram terkait berbagai hasil survei yang sesumbar memenangkan elektabilitas Capres Jokowi dari rivalnya Prabowo Subianto. Pasalnya lembaga survei banyak yang keliru terkait hasil Pilgub DKI 2017 silam.

Rizal mengaku memiliki cerita tersendiri saat dirinya masih menjabat Menteri Koordinator Kemaritiman. Kala itu dia kerap dimintai tanggapan oleh Jokowi, salah satunya terkait peluang Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Pilgub DKI 2017.

“Waktu Ahok, semua mengatakan Ahok pasti menang, saya masih sering ketemu Mas Jokowi dipanggil ke Istana, beliau nanya nanya, tiga bulan sebelum Pilkada, beliau nanya selain ekonomi, Ahok gimana? mas, (Ahok akan) kalah, mas (Jokowi) harus jauh jauh dari dia,” kata Rizal di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019).

Namun saat itu, Jokowi mempercayai jika Ahok akan berhasil memenangkan Pilgub DKI 2017. Pasalnya beberapa survei mengatakan, mantan Bupati Belitung Timur itu akan menang dengan selisih 3 persen dari dua pesaingnya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Anies Baswedan.

“Dia (Jokowi) bilang enggak (Ahok menang), menurut Yunarto menang 3 persen. Menurut Saiful Mujani menang 3 persen. Mas (Jokowi) mohon maaf, saya ini orang yang keliling berbagai lingkungan kalah. Apa yang terjadi? (Ahok) kalah 16 persen,” ujar Rizal.