Sukmawati Tersandung Kasus Penistaan Agama Islam Sebelum Pindah ke Hindu

 

1. Kidung Ibu Indonesia

Pada tahun Sukmawati Soekarnoputri membuat heboh dengan puisinya yang berjudul ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakan Sukmawati dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 pada tahun 2018.

Dalam puisinya itu, Sukmawati menyinggung suara kidung lebih merdu dari azan dan sari konde lebih cantik dari cadar.

Usai membaca puisi tersebut, ia pun menuai kecaman.

Bahkan ia dipolisikan karena dinilai menodai agama Islam oleh sejumlah pihak.

Pertama RI Soekarno, dilaporkan oleh gabungan organisasi masyarakat Islam di Palembang ke Polda Sumatera Selatan, Kamis (5/4/2018).

Habib Mahdi Muhammad Syahab selaku koordinator pelapor mengatakan, meskipun Sukmawati telah meminta maaf atas puisi tersebut, proses hukum terhadap putri mantan Presiden itu harus terus dilanjutkan.

Kemudian, ia juga dilaporkan oleh dua politikus Partai Demokrat, Dian Pranajaya dan Imron Kalali ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama.

Keduanya yang juga tergabung dalam Forum Pemuda Muslim Bima itu melayangkan laporan terkait pernyataan Sukmawati di sebuah forum diskusi.

“Kita laporkan Sukmawati Soekarnoputri berkaitan dengan terjadi kegundahan di masyarakat, khususnya umat Muslim, akibat perilaku yang dilakukan Sukmawati dengan melakukan penodaan agama,” ujar kuasa hukum pelapor, Dedi Junaedi, di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).