Tak Kunjung Reda, Pemerintah Diminta Transparan Soal Papua

Eramuslim.com – Pemerintah diminta hati-hati dalam merespon persoalan Papua. Khususnya terkait kericuhan dan rentetan aksi unjuk rasa rakyat dan mahasiswa Papua yang menuntut referendum hingga berlangsung selama dua pekan terakhir.

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengindikasikan persoalan Papua telah sampai pada level yang sangat serius. Salah satu indikasinya adalah, hingga hari ini pemerintah masih memblokir jaringan internet di Tanah Papua.

Selain itu, Sukamta juga menganggap sikap mahasiswa Papua di Surabaya yang menolak kunjungan rombongan Gubernur Papua Lukas Enembe di Asrama Papua, Rabu 28 Agutus 2019 kemarin, sebagai sikap yang tidak main-main.

“Saya kira persoalannya sangat serius, hanya saja kita masih cukup gelap atas apa yang terjadi sesungguhnya, mengapa ini sampai berlarut-larut. Saya berharap Pemerintah lebih transparan tentang persoalan Papua, karena setelah berjalan 2 pekan belum menunjukkan perkembangan yang signifikan,” ujar Sukamta melalui keterangan tertulisnya, pada Rabu (28/8/2019).