Target 10 Juta Lapangan Kerja Jokowi Masih Berat Sebelah

Namun demikian, jumlah pembukaan lapangan kerja masih didominasi oleh sektor pertanian. Dibandingkan Februari 2016 ke Februari 2017 pekerja di sektor pertanian naik 1.34 juta.

“Tapi di sektor pertanian, pekerja lebih didominasi oleh pekerja paruh kerja yang tidak lama bekerja, berdasarkan masa tanam,” tutur Timboel.

Lalu, lanjut Timboel, jumlah kenaikan jumlah rakyat yang bekerja itu harusnya juga lebih didetailkan, seperti berapa pekerja yang bekerja paruh waktu. Data pekerja paruh waktu Februari 2016 ke Februari 2017 terjadi peningkatan.

Tingkat pekerja paruh waktu Februari 2017 mencapai 22,53 persen. Hal ini dapat diartikan, dari 100 orang yang bekerja, terdapat sekitar 23 orang yang bekerja kurang dari 35 jam per minggu dan tidak punya keinginan untuk menambah pekerjaan (jam kerja).

Tingkat pekerja paruh waktu ini mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan Februari 2016 maupun Agustus 2016 dengan peningkatan masing-masing sebesar 1,09 persen poin dan 2,89 persen poin.

“Saya berharap pekerja paruh waktu bisa dikurangi dengan didorong menjadi pekerja full waktu yaitu bekerja 35 jam ke atas. Hal ini tentunya terkait dengan upah yang akan diterima. Upah pekerja paruh waktu tentunya relatif tidak bisa memenuhi penghasilan yang layak, paling tidak upah minimum,” tuturnya.

Hal lain, menurut Timboel, terkait angkatan kerja berdasarkan tingkat pendidikan. Berdasarkan hasil Sakernas Februari 2017, secara nasional tidak menunjukkan perubahan yang signifikan kontribusi angkatan kerja menurut tingkat pendidikan jika dibandingkan dengan Februari dan Agustus 2016.