Tendensius, BBC Indonesia Gunakan Foto Aksi Umat Islam Untuk Berita Intoleransi

Eramuslim – Serangan media terhadap umat Islam tidak akan ada habisnya. Kali ini datang media mainstream lokal asal Internasional “BBC Indonesia” menjadi perbincangan hangat netizen lantaran menggunakan foto ilustrasi umat Islam dalam artikel berita mengenai intoleransi.

Dalam berita bertajuk “Bagaimana agar intoleransi tak berlanjut sesudah pilkada DKI Jakarta?”, BBC Indonesia menyebut kata ‘toleransi’ dan menggunakan ilustrasi umat Islam yang sedang menyalurkan suaranya terkait ucapan Ahok mengenai surah Almaidah ayat 51.

Mengutip hasil survei SETARA Institut mengenai kota dengan indeks toleransi terendah, Jakarta disandingkan bersama kota Depok, Bogor, Banda Aceh dan Cilegon, yang menjadi kota-kota dengan nuansa Islami yang kuat di Indonesia.

Yang menjadi pertanyaan mendasar adalah kenapa BBC Indonesia memilih memotret intoleransi dengan ilustrasi umat Islam yang sedang menyuarakan pendapatnya? Apakah umat Islam tidak memiliki hak bersuara dan menyatakan pendapat di negara ini?

Apakah BBC sedang memframing bahwa tindakan umat Islam menyatakan pendapat sampai berjilid-jilid (meminjam istilah Ahoker) adalah sebuah aksi intoleransi? (PI/Ram)