Terobos Paspampres, Rukimin Tagih Janji Jokowi

Eramuslim.com -Rukimin (57) pedagang Pasar Rejosari, Senin (25/9) siang melakukan aksi nekad. Ia menerobos ketatnya penjagaan Paspampres untuk menyampaikan surat yang berisi menagih janji Presiden RI Joko Widodo yang tengah menggelar kunjungan kerja di Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga.

Ulah Rukimin yang menjabat sebagai Wakil Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Rejosari (P3R) Kota Salatiga ini, tak pelak sempat membuat kewalahan personil Paspampres. Beruntung, Presiden yang biasa disapa dengan sebutan Jokowi melihatnya, sehingga, Rukimin dipanggilnya mendekat. Usai menyalami orang nomor satu di Republik ini, ia segera menyampaikan maksudnya dan tujuannya melakukan aksi nekad tersebut.

“Saya sampaikan kepada bapak Presiden bahwa tanggal 15 Mei 2014, ketika beliau kampanye Pilpres di Kota Salatiga, kepada pengurus P3R Kota Salatiga yang bernama Kartam, pak Jokowi berjanji bila terpilih sebagai Presiden RI, maka Pasar Rejosari akan menjadi pasar pertama yang akan dibangunnya,” kata Rukimin usai menyerahkan surat pengaduan.

Menurutnya, saat berdialog dengan Jokowi, ia secara singkat sudah menjelaskan perihal janji mantan Walikota Surakarta itu yang diutarakan di gedung GPD Kota Salatiga. Kebetulan, selain disaksikan ribuan orang, dirinya juga mendapatkan video rekamannya, “Makanya, dalam surat pengaduan yang saya berikan, sengaja saya lampirkan rekaman visualnya,” ungkap Rukimin.

Usai menyerahkan surat dan rekaman janji Jokowi, lanjut Rukimin, dirinya sempat dimarahi personil Paspampres. Namun, karena sudah merasa kehabisan akal, ia pasrah. Pasalnya, untuk menagih janji Presiden, pihaknya telah berulangkali mengirim surat tapi diabaikan. Terkait hal tersebut, begitu mendengar Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke Salatiga, pengurus P3R langsung menyiapkan segala sesuatunya.

Dalam catatan yang dimiliki Rukimin, hari Kamis tanggal 15 Mei 2014 yang lalu. Tepatnya di Gedung GPD Kota Salatiga, salah satu perwakilan P3R bernama Kartam (sekarang sudah meninggal) bertemu dengan calon Presiden Jokowi. Dalam kesempatan itu, almarhum Kartam curhat tentang rencana revitalisasi Pasar Rejosari yang akan dikerjakan investor yang dianggap sangat memberatkan pedagang.

Bangkrut Massal

Hingga Jokowi terpilih sebagai Presiden RI, para pengurus P3R segera mengirim surat untuk menagih janji- janji politiknya. Sayang, surat yang dikirim ke Rumah Dinas Gubernur DKI, Kantor DPP PDI Perjuangan hingga Rumah Transisi diabaikan. Begitu pula surat yang dikirim melalui email [email protected] dan [email protected]. Karena belum juga mendapat tanggapan, akhirnya surat dikirim ke Istana. ” Tapi faktanya proses revitalisasi jalan terus,” ungkapnya.