Terungkap, Inilah Sumber Suara Misterius di Langit Pantura

Dikutip dari situs resmi Ukraine Air Alliance, pesawat Antonov An-12BP didesain untuk mengangkut orang, barang dan peralatan militer hingga 6.000 km. Pesawat ini juga bisa dioperasikan di penugasan khusus.

Maskapai tersebut memiliki 7 pesawat yang seluruhnya adalah Antonov An-12BP. Maskapai itu melayani pengangkutan benda-benda spesial, berukuran besar, berat, mahal, pecah belah hingga mudah rusak. Selain itu juga melayani pengangkutan perlengkapan militer atau penggunaan ganda sipil-militer dan kargo diplomatik.

Sebelumnya diberitakan, suara bising meraung-raung didengar warga Pekalongan, Jawa Tengah sekitar pukul 01.00 WIB, Jumat (14/12). Rupanya warga Kabupaten Semarang juga mendengar suara serupa.

Rupanya, dalam situs Flight Radar 24, pada pukul 05.40 PM UTC atau 00.40 WIB, Jumat (14/12), pesawat Antonov An-12BP dengan nomor registrasi UR-CGW melintas di langit Purwakarta, Jawa Barat, pada ketinggian 15.350 kaki.

Pesawat Antonov An-12 juga pernah bikin heboh warga Manchester, Inggris. Peristiwa itu terjadi pada September 2015 seperti dilansir media lokal Manchester Evening News. [RY]