Tolak Impor, Gubernur Anies Lebih Pilih Kerja Sama Produk dengan Daerah Lain

Eramuslim – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menandatangani kesepakatan bersama untuk meningkatkan perdagangan produk unggulan antar daerah. Menurutnya, penandatanganan kerja sama akan sangat penting untuk menunjang kehidupan warga di kota megapolitan seperti Jakarta.

“Bagi Ibu Kota, kerja sama antar daerah sangat penting, karena banyak kebutuhan yang bisa disuplai dari daerah lain, sehingga kita tidak perlu mendatangkan produk dari luar (negeri),” ujar gubernur Anies dalam keterangannya, Kamis (22/2).

Namun, syarat utama yang perlu dipenuhi guna menunjang suplai adalah efisiensi, lantaran butuh biaya lebih untuk mengirim produk ke Jakarta. Dengan adanya perdagangan antar daerah yang lancar akan turut berdampak pada penyiapan infrastruktur yang lebih memadahi.

“Karenanya, penting sekali kerja sama ini dimulai, sehingga akan meningkatkan volume perdagangan. Kalau volume perdagangan antar daerah itu meningkat, maka penyiapan infrastruktur akan jauh lebih memadahi dan efisien,” kata Anies.

Penandatanganan tersebut dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Bandung, Jawa Barat. “Kami mendatangani MoU (nota kesepahaman) dengan beberapa provinsi untuk menyuplai kebutuhan di Jakarta, dari mulai pertanian hingga ekonomi kreatif,” ujar Gub Anies.

Kesepakatan bersama dimaksudkan untuk menjalankan fungsi pertukaran informasi komoditas dan produk unggulan perdagangan serta peningkatan nilai transaksi perdagangan. Ruang lingkupnya meliputi bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, industri, kehutanan, pertambangan, dan ekonomi kreatif. (Rol)