UAS: Pemimpin Jangan Seperti Firaun

Eramuslim.com – “Meski memiliki kekuasaan luar biasa, namun Fir’aun dilanda ketakukan akan diganti. Ustadz Somad menceritakan, bahwa Fir’aun ketakutan dengan mimpinya dengan seorang anak kecil yang menarik mahkotanya,”

Jakarta, Swamedium.com – Ulama kondang Ustadz Abdul Somad kembali membahas soal kekuasaan dalam ceramahnya. Dalam sebuah potongan video ceramah yang diunggah akun ‘Suara Aswaja’ di www.youtube.com, Ustadz Somad berceramah tentang sosok pemimpin yang selalu ketakutan. Video tersebut diberi judul ‘Ketika Fir’aun #Takut Diganti dan Pasukan Emak-emak’.

Ustadz Somad mencontohkan kepemimpinan Fir’aun. Meski memiliki kekuasaan luar biasa, namun Fir’aun dilanda ketakukan akan diganti. Ustadz Somad menceritakan, bahwa Fir’aun ketakutan dengan mimpinya dengan seorang anak kecil yang menarik mahkotanya.

Dengan ketakukan tersebut, Fir’aun kemudian mengumpulkan penasehatnya yang akhirnya mengeluarkan solusi membunuh para bayi laki-laki yang baru lahir. Kisah yang diceritakan Ustadz Somad tersebut merupakan kisah Nabi Musa.

Masih didalam ceramahnya, Ustadz Somad mengingatkan bahwa kekuasaan tidak abadi.Karena banyak pemimpin zalim yang dahulu berkuasa pada akhirnya dihinakan oleh Allah SWT.

“Menjadi pemimpin tidak boleh zalim dan sombong,” kata Ustadz Somad. Selain itu, Ustadz Somad juga bercerita dengan kekuatan para ibu-ibu atau yang kini akrab disebut ’emak-emak’. “Kekuatan emak-emak tidak dapat diremehkan karena ibu-ibu memiliki kekuatan yang besar,” ujar Ustadz Somad.

Video lengkapnya:

YouTube Video Preview
*Sumber : RMOL Jakarta/RMOL/Berita360/lapan6online