Utang Meroket, Dua BUMN Jual 11 Ruas Tol

”Jakarta–Cikampek Elevated, itu pekerjaan yang dilakukan secara turnkey. Jadi, begitu proyek selesai, kami akan dibayar,” urai dia.

Bukan hanya WSKT yang serius untuk menjual tol. BUMN lain yang juga akan menjual sejumlah ruas tolnya adalah PT PP Tbk. Direktur Utama PT PP Lukman Hidayat menuturkan, pihaknya akan menjual dua ruas tol tahun ini.

”Di Medan dan di Malang. Kami usahakan tahun ini kalau bisa dua, tapi kalau nggak bisa ya satu,” ujar dia di tempat yang sama.

Lukman menyebutkan, pihaknya menaksir bahwa pundi-pundi akan terisi sekitar Rp 400 miliar dari penjualan dua ruas tol itu ditambah dengan Pelabuhan Kuala Tanjung. Saat ini pihaknya masih membicarakan rencana penjualan itu kepada para peminat.

Untuk tol Pandaan–Malang, emiten dengan kode perdagangan PTPP tersebut tengah membicarakannya dengan PT Jasa Marga selaku pemegang saham mayoritas.

Pihaknya mengapresiasi jika Jasa Marga setuju. Namun, apabila tidak, PTPP akan menjual kepada pihak lain di luar Jasa Marga.

”Kami kan punya saham 35 persen. Kami akan jual 20–25 persen. Totalnya Rp 400 miliar, ini ekspektasi ya. Kalau ada tambahan itu, kami berharap punya cash flow seperti tahun-tahun sebelumnya yang positif. Tahun lalu hampir Rp 1 triliun, tahun ini minimal sama lah,” katanya. [rb]