#IndonesiaHebat: 8 Objek Wisata Andalan RI Ditawarkan ke Asing

Eramuslim – Sebanyak 8 objek wisata andalan Indonesia senilai Rp39 triliun ditawarkan pemerintah Jokowi kepada investor asing dalam acara Regional Investment Forum (RIF) di Kota Padang, Sumatera Barat, yang berlangsung pada tanggal 15 hingga 17 Oktober 2017.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong, mengatakan dari delapan destinasi Pariwisata yang ditawarkan, enam diantaranya merupakan destinasi prioritas. Dua diantaranya berada di Sumatera Barat, yakni kawasan wisata terpadu Gunung Padang dan Kawasan Wisata Bahari Pantai Mandeh.

“Dari Enam destinasi prioritas tersebut, tiga diantaranya telah memiliki proyek yang ready to offer, yakni Danau Toba ada lima proyek dengan estimasi nilai proyek US$2,3 Miliar, Borobudur 10 proyek seniali US$562 juta dan Tanjung Kelayang dua Proyek perhotelan senilai US$60 Juta,” jelas Thomas, Senin (16/10).

Sektor Kepariwisataan lanjut Thomas, merupakan salah satu sektor yang tumbuh di level 35 hingga 50 persen, jauh di atas pertumbuhan investasi nasional yang per tahunnya berada di level 12 hingga 14 persen.

“Hingga kini, porsinya masih kecil bila dibandingkabn dengan PDB (Produk Domestik Bruto), tapi nanti lama-lama akan naik menjadi besar kalau tumbuh terus secara signifikan,” tambah Thomas.

Selain itu, Thomas juga menjelaskan, di antara tiga destinasi tersebut, lima diantaranya juga memiliki prospek yang sangat positif. Jadi, selain proyek-proyek destinasi yang siap ditawarkan, juga ada lima destinasi lain yang tidak kalah indahnya untuk dikembangkan.