Netanyahu Gunakan Iran Untuk Normalisasi Hubungan Dengan Negara-Negara Arab

Eramuslim – Zionis Israel adalah negara terkuat di kawasan Dunia Arab, kita harus menggunakan posisi ini untuk normalisasi hubungan dengan negara-negara regional, ujar Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam rapat dengar pendapat dengan Komite Pertahanan dan Luar Negeri Knesset Yahudi pada hari Rabu (08/03).

Netanyahu melanjutkan, “Kita memiliki diplomatik dan militer yang tak tertandingi di kawasan Dunia Arab. Menurut saya, jika kita bertindak bijaksana menggunakannya maka dapat digunakan untuk memperbaiki hubungan diplomatik dengan negara-negara Arab.”

Menurutnya dengan tambahan anggaran bantuan militer Amerika Serikat sebesar 38 miliar dolar AS menjelang berakhirnya masa Presiden Obama, Netanyahu optimis Israel Defence Force (IDF) akan lebih kuat dari sebelumnya karena menggunakan peralatan serta teknologi militer terbaru dan canggih.

Perlu diketahui setelah bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada pertengahan bulan Februari kemarin, pada bulan Maret ini Netanyahu dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, dan dalam waktu sekitar 10 hari kemudian dengan Presiden Cina Xi Jinping.

Ide normaliasai hubungan dengan negara-negara Arab sendiri dilontarkan langsung Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 15 Februari kemarin, dengan menargetkan hegemoni Syiah Iran di Irak, Suriah, Lebanon, dan Yaman sebagai barter normalisasi. (Memo/Ram)