free hit counters
 

Kisah Bantuan Senjata dari Indonesia untuk Mujahidin Afghan

Redaksi – Kamis, 28 Zulqa'dah 1440 H / 1 Agustus 2019 09:30 WIB

Eramuslim.com -Operasi khusus intelijen Indonesia mengirim senjata untuk Mujahiddin Afghanistan melawan Uni Soviet.

*

Pada Maret 1983, menjelang Sidang Umum MPR, Mayor Luhut Pandjaitan, Komandan Den 81/Antiteror, dikejutkan dengan laporan bahwa pasukannya disiagakan. Perintah itu datang dari wakilnya, Kapten Prabowo Subianto. Prabowo akan menangkap Letnan Jenderal TNI Benny Moerdani, Asintel Hankam/ABRI dan beberapa perwira tinggi ABRI.

Luhut segera memanggil Prabowo. Namun, Luhut langsung ditarik oleh Prabowo ke luar kantor. Alasannya, ruangan sudah disadap. Prabowo mengatakan bahwa Benny akan melakukan kudeta dan sudah memasukkan senjata.

Dalam biografi Sintong Panjaitan, Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando karya Hendro Subroto, Luhut membenarkan bahwa Benny memasukkan senjata. Namun, senjata itu barang dagangan untuk Pakistan yang selanjutnya akan disalurkan kepada Mujahiddin di Afghanistan untuk melawan Uni Soviet.



“Operasi intelijen oleh L.B. Moerdani dilakukan dalam upaya mencari dana dan memberi peran Indonesia dalam perjuangan di Asia,” tulis Hendro.

Marsekal Muda TNI Teddy Rusdy ketika menjabat Ketua LPT Taruna Nusantara menerima kunjungan Menhankam Jenderal TNI Benny Moerdani. (Repro Think A Head).

Pengiriman senjata kepada Mujahiddin Afghanistan bermula dari pertemuan Benny Moerdani didampingi Kolonel Udara Teddy Rusdy, Paban (Perwira Diperbantukan) VIII Staf Intel Hankam, dengan Kepala Intelijen Pakistan (Inter-Service Intelligence/ISI), di Islamabad pada 18 Februari 1981.

Pertemuan rahasia itu membahas permintaan Mujahiddin Afghanistan dan intelijen Pakistan kepada Indonesia untuk membantu logistik, obat-obatan, dan persenjataan.

“Saat itulah awal dari operasi khusus L.B. Moerdani dan Teddy Rusdy memasok senjata ke Mujahiddin Afghanistan,” tulis Servas Pandur dalam biografi Teddy Rusdy, Think A Head.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Historia Terbaru