Mengapa Semakin Kuat Desakan PDIP Dibubarkan?

Ketika, penguasa negara mengarahkan pembubaran organisasi kepada aspirasi keumatan, maka wajar muncul desakan bahwa yang lebih pantas dan layak untuk dibubarkan adalah PDIP. Tentu sepanjang partai ini belum mau melakukan perubahan platform perjuangan maupun perilaku mental dan moral para kadernya yang hobby melakukan tindak pidana korupsi.

Awalnya PDIP adalah partai yang merakyat dengan slogan partai “wong cilik”. Namun kini setelah menjadi “the ruling party”, karakter PDIP berubah menjadi partai politik yang elitis. Bahkan cenderung kurang peka dengan penderitaan yang dialami oleh rakyat.

Kemenangan Pemilu bukanlah ukuran kepercayaan rakyat yang sesungguhnya. Terutama pada iklim politik yang pragmatis dan kapitalistik. Jadi teringat kepada pidato Ketum Partai Nasdem Surya Paloh di depan Civitas Akademica Universitas Indonesia dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI) beberapa waktu yang lalu.

Surya Paloh berpidato dengan menggebu-gebu dan menyatakan bahwa “kita ini malu-malu kucing untuk mendeklarasikan diri kalau Indonesia hari ini adalah negara kapitalis yang sangat liberal. Itulah kenyataan Indonesia yang hari ini”.

Kompetisi “wani piro” berujung pada melahirkan pejabat negara yang bermental maling atau korup. PDIP tak mampu menepis kultur ini. Bahkan kini kader-kader PDIP tampil menempati posisi terdepan,  dan menjadi juara satu partai dengan kader paling banyak melakukan tindak pidana korupsi diantara parati-partai politik yang ada di tanah air. (FNN)

Penulis adalah Pemerhati Politik dan Kebangsaan.