Perang Saudara Bayangi Amerika

Adakah kekuatan asing yang turut bermain pada kisruh politik di AS?

Tentu ada. Jangankan negara superpower seperti AS, selevel Mali, atau Sudan, negeri-negeri kecil di Afrika saja — Inggris, Prancis dan lain-lain ikut intervensi karena faktor sumber daya di sana. Apalagi negara sebesar Paman Sam yang memiliki sumber daya sangat besar?

Lantas, apa motif anasir asing bermain di AS dan kemana tujuannya?

Sangat panjang untuk diurai semua. Intinya adalah tata ulang kekuasaan global. Status adikuasa, misalnya, siapa yang tak mau? Atau “polisi dunia”, mata uang (dolar) global, monopoli, dan lain-lain. Semua serba menggiurkan bagi para adidaya baik yang lama maupun adidaya baru.

Kembali ke AS. Bahwa secara filosofi, perubahan di muka bumi selalu diawali karena ada dan/atau muncul ketidakpercayaan (distrust) terhadap sesuatu. Apapun ujud distrust tersebut. Jika ia —distrust— dibiarkan maka akan menggumpal sedikit demi sedikit, kemudian membesar, meluas dan akhirnya “meledak,” lalu menimbulkan perubahan. Itu gambaran sepintas. Sementara kepercayaan itu sendiri berasal dari dua arah, yaitu logika dan hati. Logika itu tentang nilai baik dan buruk, sedangkan hati soal adil dan tidak adil. Distrust muncul akibat lebìh dominannya keburukan pada sisi logika, juga tebalnya ketidakadilan di sisi hati. Nah, puncak ketidakpercayaan (akan meledak) lazimnya berupa gejolak sosial, atau riot, ataupun konflik internal dan lain-lain. Poin intinya timbul gejolak massa akibat gunungan distrust.

Jika gejolak massa tadi dapat diredam atau dibungkam oleh rezim —sistem dan aturan saat itu— maka yang akan muncul kelak justru gejolak alam. Ini yang tak bakal bisa dibungkam serta diredam oleh rezim siapapun, kapanpun, dimanapun.

Nah, mengendus fenomena dan indikasi-indikasi di Negeri Paman Sam dari waktu ke waktu, tampaknya gejolak massa akibat public distrust di AS kemungkinan berupa civil war alias perang saudara!End [GRI]

M Arief Pranoto, Direktur Program Studi Geopolitik dan Kawasan Global Future Institute (GFI)