B’Tselem: 146 Warga Palestina Meninggal Sejak Awal 2008

Kelompok Hak Asasi Manusia Israel B’Tselem yang bermarkas di Palestina mengeluarkan laporan investigasinya hari Kamis kemarin (28/2) tentang jumlah warga Palestina yang menjadi korban tentara Israel sejak awal tahun 2008, teritama yang berada di wilayah Gaza.

Menurut laporan yang dikeluarkan, sedikitnya 146 warga Palestina dikabarkan meninggal dalam waktu dua bulan yaitu Januari dan Februari 2008. Sebanyak 132 orang terbunuh di Jalur Gaza dan sisanya, 14 warga Palestina menemui ajal di West Bank. Sebanyak 42 warga sipil ikut terbunuh dalam berbagai bentrokan bersenjata atau dibunuh secara sengaja oleh tentara Zionis. Pada Januari tercatat 87 warga Palestina yang tewas, dan Februari sebanyak 59 orang.

Para pejuang Palestina sendiri ditulis telah membunuh dua orang Israel, yang menemui ajal akibat lontaran roket al-Qassam di Sderot dan aksi bom syahid di Dimona.

B’Tselem menyerukan agar Dunia Internasional serius menangani masalah di Palestina dan secara tidak pandang bulu melaksanakan hukum-hukum internasional di wilayah tersebut. “Hal ini diperlukan agar warga sipil tidak lagi menjadi korban perang, ” rilisnya. (rizki/MNA)