Hamas Syaratkan Pembebasan 59 Tahanan Palestina Dengan Zionis

Hamas dan Ahmad yasinEramuslim – Pejabat tinggi Zionis Israel membenarkan sikap Hamas yang menuntut pembebasan lima puluh tahanan Palestina dari penjara Zionis Israel jika Tel |Aviv ingin memulai pembicaraan pertukaraan tawanan.

“Hamas ingin mengadakan pertukaran Shalit ke 2 untuk membebaskan ribuan tahanan Palestina di dalam penjara Zionis Israel. Dan mereka saat ini mensyaratkan pembebasan 50 tahanan di awal sebelum pembicaraan yang ditangkan kami di tahun 2014,” ujar pejabat tinggi keamanan Zionis Israel yang tidak mau diungkapkan identitasnya kepada surat kabar Yediot Ahronot dalam terbitan hari Senin (04/07).

Pejabat tersebut melanjutkan, “Ada diskusi internal yang dilakukan masyarakat Yahudi mengenai maslaah ini. Terlebih kami tidak ingin membayar harga atas berita hidupnya 2 tentara Zionis Israel (Oron Shaul dan Hadar Goldin) tanpa adanya kabar yang jelas. Karena kalau tidak kami harus membayar setiap pembicaraan damai dengan Hamas.”

Menurut pejabat tersebut, Tel Aviv tidak akan bersedia membayar harga tinggi dalam penawaran seperti ini sampai ada titik terang mengenai keadaan 2 prajurit mereka yang diklaim telah di tawan Al Qassam dalam agresi terakhir di Jalur Gaza pada tahun 2014. (Rassd/Ram)