Jumlah Syuhada Intifadah Jilid III Palestina Bertambah Menjadi 314 Syahid

Eramuslim – Pusat Kajian Al-Quds untuk masalah Zionis Israel dan Palestina melaporkan jumlah syuhada yang meninggal sejak meletusnya gerakan intifadhah jilid III pada awal Oktober 2015 bertambah menjadi 314 orang.

Syuhada terakhir yang menghembuskan nafasnya adalah seorang bocah Palestina asal Betlehem, Raed Ahmad Radayidah (15 tahun) dengan tudingan akan melakukan aksi penikaman di perlintasan kontainer utara.

Menurut catatan, 301 syuhada gugur akibat tembakan Zionis dalam aksi intifadhah Al-Quds, dimana 13 syuhada gugur pada beberapa hari bulan terakhir akibat tembakan serdadu Zionis Israel.

Berdasarkan data yang dihimpun, sebanyak 80 syuhada  berasal dari Hebron, kemudian Al-Quds sebanyak 64 syuhada, lalu Ramallah 29 syuhada, jenin 24 syuhada, Nablus 2 syuhada, Betlehem 20 syuhada, Thulkarem dan Salfit 6 syuhada, lalu Qalqilia 4 syuhada dan terakhir Thubas 1 syahid. Sementara dari Jalur Gaza sebanyak 36 syuhada.

Dari data juga diperoleh informasi sebanyak 85 syuhada adalah anak-anak yang umurnya kurang dari 18 tahun atau sekitar 29 syuhada adalah anak-anak. Paling muda, Ramadhan Muhammad Tsawabitah (3 bulan) ia meninggal akibat  menghirup gas air mata yang ditembakan serdadu Zionis di Bet Fajar, Betlehem.

Sementara dari kalangan wanita, sebanyak 29 syahidah, 11 diantaranya dibawah umur yang paling muda adalah Rahaf Hasan (2 tahun) yang gugur akibat tembakan rudal Zionis di Gaza. (Pip/Ram)