Kaleidoskop 1 Pekan Palestina: 3 Syahid dan 11 Tentara Yahudi Babak Belur Dihajar Pejuang Palestina

Eramuslim – 3 orang syahid dan puluhan lainnya terluka dalam bentrokan yang terjadi di 160 titik wilayah Palestina antara kurun waktu tanggal 20 – 26 Mei. Sedangkan jumlah korban dikalangan tentara Zionis Israel dilaporkan sebanyak 11 orang terluka.

Laporan yang dikeluarkan Organisasi Hamas di wilayah Tepi Barat menyatakan bahwa kelompok perlawanan Palestina menggelar empat aksi serangan, sementara para pemuda Palestina melepaskan dan melemparkan bom molotov dan granat ke target Israel.

Terjadi 27 titik bentrokan terjadi pada hari Jumat (26/05) kemarin yang menyebabkan empat serdadu Israel terluka akibat lemparan batu di gerbang sebelah selatan Jericho, desa Nabi Shaleh dan Desa Ni’lin di wilayah barat Ramallah.

Sumber medis Palestina menyatakan sebanyak 5 Pemuda Palestina terluka tembak peluru tajam dan 15 lainnya mengalami tembakan peluru karet, sementara 25 lainnya mengalami sesak nafas akibat bom gas air mata yang dilepaskan oleh Israel dalam bentrokan hari Jumat kemarin.

Kamis 25 Mei

Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan melaporkan seorang warga Palestina bernama Muhannad Yusuf Abdur Rahman Abu Shafa (44) dari Tulkarm syahid akibat luka tembak dalam aksi penikaman di Netania (14/5) empat hari yang lalu. Serangan yang dilakukan oleh Muhannad melukai seorang polisi Zionis Israel.

Selain itu sebanyak 14 bentrokan terjadi pada hari yang sama dan menyebabkan 4 pemuda Palestina mengalami luka tembakan peluru karet dan lainnya mengalami sesak nafas akibat gas air mata.

Rabu 24 Mei

Bentrokan-bentrokan terjadi antara pasukan Israel dan warga Palestina di 15 titik persinggungan, menyebabkan 2 pemuda Palestina mengalami luka tembak dan memar-memar dan 6 lainnya mengalami sesak nafas. Sedangkan di kubu Zionis Israel, 2 orang warga Yahudi dilaporkan terluka akibat lemparan batu.

Selasa 23 Mei

Laporan Hamas menyebutkan terjadi 20 bentrokan di wilayah Palestina yang menyebabkan tiga pemuda mengalami luka tembak dan 1 aksi penikaman dilakukan di Netania wilayah Palestina jajahan 48.

Senin 22 Mei

Pasukan Zionis Israel membantai seorang anak Palestina Raid Ahmad Rodayidah (16) dari baldah Abidia di Betlehem karena diduga berusaha melakukan aksi penikaman di perlintasan kontainer militer di utara timur laut Kota Betlehem.

Sabtu 20 Mei

Pasukan Zionis Israel membunuh bocah perempuan Palestina Fatimah Jibril (15) di dekat simpang Ghos Etzion, selatan Betlehem. Israel mengklaim ia menggelar aksi penabrakan pada Maret lalu.

Sementara itu seorang warga pemukim zionis ditikam warga Palestina. Setelah itu Israel menangkap bocah perempuan Palestina (14) di perlintasan Qalandia di Al-Quds utara karena diduga melakukan aksi penikaman. (Pip/Ram)