Kongres AS: Trump Akan Pindahkan Kantor Kedubes Bulan Mei Mendatang

Eramuslim – Kedutaan Amerika Serikat di Israel akan pindah ke kota Al Quds pada awal bulan Mei mendatang, ujar anggota Kongres Ron DeSantis dalam sebuah pernyataannya pada hari Senin (6/03) kemarin, seperti dilansir media Yahudi.

“Saya memperkirakan Trump akan mengambil keputusan untuk memindahkan kantor Kedutaan Besar AS ke kota Al Quds pada Mei mendatang, ketika berakhirnya masa penolakan mantan Presiden Obama terhadap resolusi Kongres AS terkait masalah ini,” ujar Ron DeSantis.

Dalam kunjungannya, DeSantis yang menjabat sebagai kepala Sub-komite Nasional Keamanan akan bertemu dengan sejumlah pejabat Zionis Israel, termasuk Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan membahas isu perpindahan kedutaan.

Sejak tahun 1995 Kongres AS telah memutuskan untuk memindahkan Kedutaan Besar Amerika ke Al Quds, akan tetapi sejak saat itu presiden AS telah menandatangani perintah suspensi berturut-turut setiap enam bulan untuk mencegahnya. Dan suspensi ini akan berakhir pada bulan Mei mendatang.

DeSantis optimis bahwa pemindahan itu akan terjadi, “Dan kita akan melihat ini terjadi setelah 50 pembebasan Yerusalem akan banyak menarik bagi banyak AS, dan aku tahu itu akan sangat menarik bagi banyak warga Israel di Yerusalem,” ujarnya.

Menurutnya Trump akan mendapatkan dukungan luas dari Kongres jika nantinya benar-benar melaksanakan janji kampanyenya untuk memindahkan Kedubes AS ke Al Quds. (Memo/Ram)