Kosovo Bisa Merdeka, Mengapa Palestina Tidak?

Yasser Abed Rabboa, penasehat Presiden Palestina Mahmud Abbas menyatakan, Palestina harus mempertimbangkan untuk mendeklarasikan kemerdekaannya, jika negosiasi damai dengan Israel gagal mencapai kesepakatan.

Menurut Abed Rabboa pembicaraan damai dengan Israel tidak berujung karena rejim Zionis tidak mau dan selalu menghindari pembahasan isu-isu penting terkait masa depan Palestina. Oleh sebab itu, jika tidak bisa tercapai kata sepakat dengan rejim Zionis, Palestina selayaknya mempertimbangkan untuk mendeklarasikan kemerdekaannya seperti yang dilakukan Kosovo hari Minggu kemarin.

"Jika pembicaraan damai tidak mengarah pada kesepakatan untuk menghentikan aktivitas pembangunan pemukiman Yahudi, jika pembicaraan tidak mengarah pada negosiasi yang lebih serius, maka kita harus mengambil langkah untuk mengumumkan kemerdekaan kita secara sepihak, " kata Rabbo.

Rabbo menyatakan, Israel-lah yang mendorong Palestina untuk mempertimbangkan kemungkinan itu. Ia gemas melihat hasil pertemuan Mahmud Abbas dengan Ehud Olmert baru-baru ini, yang lagi-lagi tidak membawa hasil yang jelas bagi Palestina. (ln/presstv/al-bwb)