Otoritas Israel Berencana Bangun 2 Pos Baru Pemukiman di Tepi Barat

Sebuah organisasi kiri Israel mengungkapkan bahwa otoritas pendudukan Israel (IOA) berencana untuk membangun dua pos-pos pemukiman baru di Tepi Barat dalam beberapa bulan mendatang.

Gerakan “Peace Now” dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu kemarin (31/10) mengatakan bahwa pemukim Yahudi telah mulai menginstal kafilah dan memperpanjang jalur listrik dan air ke pos barat utara Ramallah sementara yang pos serupa dibangun di dekat Qalqilia.

Kepala dewan permukiman Danny Dayan menyatakan bahwa kedua pos itu hanya pinggiran baru yang akan ditambahkan ke pemukiman yang didirikan di kedua daerah.

Pemerintahan sipil Israel mengatakan bahwa telah menyadari rencana untuk membangun pos-pos pemukiman baru di Tepi Barat untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun dan akan menyelidiki hal itu.

Lebih dari 34.0000 pemukim Yahudi tinggal di permukiman yang dibangun di atas tanah Palestina di Tepi Barat, sementara lebih dari 200.000 warga lain tinggal di pinggiran sepuluh pemukiman Yahudi yang dibangun di sebelah timur Yerusalem yang diduduki.(fq/pic)