Serangan Udara Terbaru Israel di Gaza Tewaskan Seorang Warga Palestina

Seorang pria Palestina tewas dan satu lainnya terluka dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza Minggu pagi (14/10), dan menjadi serangan sejenis kedua dalam hitungan jam yang terjadi di jalur Gaza, sumber-sumber medis Palestina mengatakan.

Insiden terbaru diikuti serangan udara Israel yang menewaskan seorang aktivis Salafi jihadi pada hari Sabtu sebelumnya. Dalam kedua kasus korban bepergian menggunakan sepeda motor.

Serangan udara Sabtu kemarin di Gaza menewaskan warga Yordania Syaikh Hisyam al-Saedini, 43, yang juga dikenal sebagai Abu Al-Walid Al-Maqdisi, dari Dewan Syura Mujahidin.

Aktivis salafi jihadi lainnya Fayek Abu Jazar, 42, juga tewas dalam serangan di kota utara Jabaliya, sumber keamanan Palestina menambahkan.

Seorang bocah 12 tahun di antara dua orang lainnya yang terluka dalam serangan tersebut, menurut pejabat medis Palestina.

Syaikh Hisyam al-Saedini adalah pimpinan kelompok Tauhid wal Jihad Gaza dan salah satu pendiri Dewan Syura Mujahidin, sebuah koalisi terbaru Salafi jihadi di wilayah kantung Palestina. Dia dianggap sebagai salah satu pemimpin Salafi jihadi paling penting di Gaza.

Seorang jurubicara militer Israel mengatakan, serangan itu menargetkan anggota dari Dewan Syura Mujahidin, yang menurutnya bertanggung jawab untuk kegiatan teroris.(fq/afp)